Kamis, 09 April 2009

Merajut Peluang, Tantangan & Harapan

Kesempatan datangnya tidak 2 Kali
Ini mungkin tidak berlaku untuk kesempatan yang datangnya dalam kehidupan aku. Peluang yang di konfirmasi untuk mobilisasi & difasilitasi perusahaan untuk siap di tempatkan ke lokasi di seluruh Propinsi di Indonesia. Peluang/ kesempatan saja tidak cukup,diperlukan tekad,kemampuan, dan pengalaman untuk menjadi anggota team kerja. Perjalanan dengan Pesawat udara merupakan pengalaman tersendiri, Dengan Taxi 1 jam sebelum jam penerbangan sudah harus siap di Bandara A. Yani Semarang. Ada aktivitas kecil yang harus diselesaikan berkaitan dengan administrasi ticket, saya harus update nama karena ada kesalahan mengenainya.
Take off Pukul 06:05 sampai Jakarta tepat 07:05 untuk transit dan penerbangan ke kota Palangkaraya pukul 08:05. Sampai di Bandara Tjilik Riwut pukul 09:40 sesuai rencana, kali pertama kaki menginjakan di kota "Bumi Tambun Bungai" dan disambut/ dijemput teman sesama Konsultan. Kota Palangkaraya merupakan Ibukota di propinsi kalimantan tengah. Kota ini asri dan terlihat sangat rapi tata kota dan jalan-jalan sangat bersahaja.
Kalimantan Tengah (Kalteng) adalah provinsi terluas ketiga di tanah air, dengan luas 153.564 kilometer persegi atau 1,2 kali luas Pulau Jawa apa nggak luas tuh...?. Secara administratif, Provinsi Kalteng terdiri dari 13 Kabupaten dan satu Kota, yang terbagi menjadi 95 Kecamatan dan 1.363 Desa atau Kelurahan. Penduduk Kalteng berjumlah sekitar 2 juta jiwa.

Orientasi SDM untuk mengelolanya jangan hanya terpaku di wilayah tertentu, di wilayah NKRI ini masih sangat-sangat luas. Pepatah jawa "Mangan ora mangan kumpul" harus di rubah menjadi "Kumpul ora kumpul Mangan". Ingat gurauan dari teman kontributor TV Swasta lebih enak lagi klo "Mangan sing Akeh, yo tetep kumpul" ha..ha...ha..Sebagai contoh Team kami membuka lowongan untuk posisi ... dari kandidat yang masuk, kurang menggembirakan terutama dari kualisifikasi. Bahkan dari diskusi dengan rekan Team, untuk mencari kandidat yang Fresh Graduate dari Pulau Jawa saja masih susah. Yang katanya Kalimantan Tengah Jauh...?!. Siapa bilang jauh dengan perkembangan teknologi, komunikasi, transportasi waktu dan tempat bukan menjadi halangan, buktinya Semarang-Jkt-Palangkaraya hanya 3-4 Jam. Telepon 3G, internet, teleconsferen, YM, Skype, atau ICQ bisa jadi alternatif untuk kita merasa tidak jauh lagi.

Terkait dengan Tugas Pokok, Wewenang dan Tanggung jawab dalam Konsultan Nasional diatur dalam:
Peraturan Presiden RI Nomor 13 Tahun 2009 Tentang "Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan"
a. Bahwa kemiskinan merupakan permasalahan bangsa yang mendesak dan memerlukan langkah-langkah penanganan dan pendekatan yang sistematis, terpadu dan menyeluruh, dalam rangka mengurangi beban dan memenuhi hak-hak dasar warga negara secara layak untuk menempuh dan mengembangkan kehidupan yang bermartabat;
b. Bahwa penaggulangan kemiskinan merupakan bagian dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan kesepakatan global untuk mencapai Tujuan Pembanguan Millinium;
c. Bahwa untuk meningkatkan koordinasi yang meliputi sinkronisasi, harmonisasi dan integritas berbagai program dan kegiatan penaggulangan kemiskinan, perlu dilakukan penguatan kelembagaan yang menangani koordinasi penanggulangan kemiskinan baik di tingkat Pusat maupun Daerah dengan menyempurnakan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2005 tentang Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan;
d. Bahwa sehubungan dengan hal-hal tersebut pada huruf a, huruf b, dan hurf c, dipandang perlu menetapkan Peraturan Presiden tentang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan.

Semakin yakin bahwa Indonesia masih membutuhkan orang-orang yang ingin mengabdikan diri pada pemberdayaan masyarakat, Apabila kita membaca, mengucapkan, mendengar kata "Kemiskinan" pikiran dan konotasi kita jadi gimana gitu....lebih mengena dihati mungkin kata "Kesejahteraan" dimana auranya lebih positif...(ini opini pribadi kalo boleh dirubah menjadi "Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan" ) .

Palangkaraya,
Kalimantan Tengah

Tidak ada komentar:

Banda Neira

Banda Neira, Kab. Maluku Tengah Prov. Maluku Jakarta, Perjalanan Udara dengan GIA dari Bandara International Soekarno-Hatta Jakarta ke Ambo...